Menjaga Berat Badan Ideal Anak dengan Pola Makan yang Sehat

Berat Badan Ideal Anak
Orang tua harus memperhatikan dan menjaga berat badan ideal anak. Maksut dari ideal disini adalah tidak kurus dan juga tidak gemuk. Namun kasus yang biasa terjadi adalah anak yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Anak dengan berat badan berlebih akan sering terkena penyakit seperti sesak nafas, masalah jantung, dan hal ini juga akan mempengaruhi rasa percaya diri pada anak. Dalam hal ini, pembatasan asupan kalori bukanlah solusi yang baik karena ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anak. 

Solusi yang terbaik adalah menerapkan pola makan yang sehat. Berikan makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi yang baik. Hindari juga makanan junk food karena itu tidak mengandung gizi dan hanya akan menjadi sampah dalam tubuh. Dalam menjaga berat badan ideal anak kunci utamanya ialah pemberian nutrisi yang konsisten dan tepat. Anda tidak perlu bersusah payah menurunkan berat badan anak, tetapi fokuslah untuk memiliki gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan. 
Berat Badan Ideal Anak
Jangan pernah berpikir untuk mengurangi jadwal makan karena itu akan mempengaruhi kesehatan anak anda. Tetaplah memberikan makanan yang sehat tiga kali sehari dan kurangilah makanan yang tidak mengandung gizi baik seperti camilan, junk food, dan minuman bersoda. Perhatikan porsi makan anak anda dan ajaklah melakukan aktifitas fisik seperti lari pagi, jalan kaki, dan senam untuk mencapai berat badan yang ideal. Tips menerapkan pola makan yang sehat untuk menjaga berat badan ideal anak yang bisa anda terapkan yaitu pertama, menyiapkan bekal untuk anak. 

Dengan membawakan bekal makan siang, anak-anak bisa menikmati makanan sehat yang mungkin tidak dijual dikantin sekolah. Anda juga bisa menambahkan buah dan susu pada bekal makan siang anak anda. Kedua, menyediakan camilan sehat seperti buah segar, roti gandum, biskuit gandum, dan popcorn. Anda harus menyimpanan camilan sehat dikulkas setiap saat karena anak-anak akan suka ngemil sepulang sekolah. Ketiga, memasak makanan dengan cara yang sehat. Usahakan untuk memasak dengan menggunakan sedikit minyak seperti membakar, memanggang, dan mengukus makanan. Buatlah menu makanan yang bervariasi setiap harinya agar anak tidak bosan dan betah untuk makan dirumah daripada jajan diluar rumah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.