Tips Agar Nafsu Makan Anak Tinggi


Makanan pendamping susu atau mpasi (Makanan Pendamping ASI) yang diberikan secara terus-menerus dengan menu yang monoton akan membuat si kecil bosan. Ia perlu dibiarkan mengenal berbagai jenis makanan, tekstur dan rasanya. Jika si kecil sudah mulai pilih-pilih makanan, orang tua harus bersikap sabar dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini dijelaskan beberapa tips agar nafsu makan anak tinggi, silahkan disimak baik-baik.

Tips Agar Nafsu Makan Anak Tinggi

Di bawah ini beberapa tips agar nafsu makan anak tinggi pada masa pengenalan Makanan Pendamping Asi (Air Susu Ibu), antara lain:


Buatlah Makanan Dalam Porsi Kecil 


Pada masa pengenalan makanan, jangan terpaku untuk memberikan makanan yang banyak dalam porsi besar. Tetapi, fokuslah pada isi dari makanan tersebut dan buatlah makanan dalam porsi kecil. Meski porsinya kecil, pastikan isinya padat gizi seperti karbohidrat, lemak dan protein untuk mendukung aktivitasnya.

  • Buat Makanan yang Bervariasi 
Lambat laun si kecil akan terbiasa dengan makanannya dan ada kemungkinan ia bosan dengan makanan tertentu. Orang tua harus mampu menyiasati dengan selalu kreatif membuat variasi makanan untuk si kecil.
  • Sediakan Camilan untuk Si Kecil 
Selain makanan utama, berikan si kecil kudapan atau camilan setidaknya dua kali dalam sehari. Daripada memberikan camilan kemasan yang biasanya mengandung gula tambahan, zat pengawet dan lemak trans, lebih baik berikan buah-buahan yang mengandung gula alam
  • Sediakan Berbagai Macam Minuman 
Si kecil yang aktif juga membutuhkan banyak cairan dengan konsumsi minuman saat ia makan Makanan Pendamping ASI (Mpasi). Selain air putih, sediakan juga berbagai macam minuman seperti susu dan jus.
  • Buat Si Kecil Merasa Nyaman 
Saat menikmati makanannya, pastikan si kecil merasa nyaman sehingga ia akan menyantap makanannya dengan lahap dan riang gembira. Jangan biasakan makan sambil menonton televisi karena si kecil akan sulit fokus pada makanannya, lebih baik temani si kecil dengan ikut makan bersamanya. Sebagai orang tua, ibu harus paham akan makanan si kecil yang sangat disukainya. Orang tua harus mampu menyiasati saat memberi makanannya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.