Manfaat Makanan yang Mengandung Protein Bagi Anak

Makanan yang Mengandung Protein

Tidak hanya Karbohidrat dan Lemak yang penting untuk menambah energi serta tumbuh kembang anak, melainkan juga Protein. Bahkan, zat ini dibutuhkan dalam jumlah yang besar agar tubuh anak bisa membangun jaringan tubuh untuk tumbuh kembang dan juga sebagai pembentuk antibodinya. Yuk, simak beberapa manfaat bagi anak ketika mengonsumsi makanan yang mengandung Protein seperti di ulasan berikut ini.

Beberapa Manfaat Mengonsumsi Protein Bagi Anak


source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2018-09/d711fa90eb534821aaf04a3dd13ccda56410f79e.jpeg

Protein yang masuk dalam Sistem Pencernaan di tubuh anak akan diubah menjadi Asam Amino. Tentunya, asupan Asam Amino yang disediakan oleh tubuh tidak akan mencukupi untuk tumbuh kembang harian si kecil sehingga mereka pun harus mengonsumsi makanan yang mengandung Protein.

Adapun beberapa manfaat mengkonsumsi makanan ini untuk anak selain untuk pertumbuhan antara lain :

1.      Sebagai Sumber Energi

Pertama, Protein berguna untuk sumber energi anak dalam aktivitas harian mereka selain Lemak dan Karbohidrat. Sebagai perbandingan, setiap gram Protein mengandung 4 Kalori sedangkan setiap gram Lemak mengandung 9 Kalori.

2.      Membangun dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Kedua, manfaat Protein adalah untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh anak yang rusak. Setiap harinya, jumlah Protein yang dibutuhkan tubuh adalah tetap. Namun ketika tubuh anak mengalami sakit, misalnya jatuh dari sepeda dan kulitnya lecet, maka di saat ini anak butuh lebih banyak Protein untuk menyembuhkan diri.

Jadi ibaratnya, Protein adalah “batu bata” dalam pondasi rumah dimana ia sebagai penyusun hampir semua bagian-bagian tubuh pada manusia. Sebut saja Paru-Paru, Jantung, Otot dan Tulang, serta Kulit hingga Rambut.

3.      Membentuk Antibodi

Selanjutnya, Protein berguna untuk membentuk Imunoglobulin alias Antibodi. Tentunya kehadiran zat imun pada tubuh anak ini sangat penting untuk mencegah invasi Bakteri dan Virus.

4.      Membentuk Enzim dan Hormon

Terakhir, Protein bisa digunakan untuk membentuk Enzim dan Hormon pada tubuh manusia. Seperti yang kita tahu, Enzim bermanfaat untuk reaksi-reaksi Biokimia di dalam tubuh kita, misalnya saja mencerna makanan, sedangkan Hormon bertugas untuk mengatur proses Biologisnya, misalnya saja mengatur proses masuknya gula ke dalam sel.

Adapun agar asupan Protein anak tetap terjaga, maka Bunda bisa memberi si kecil Susu Dancow. Selain enak dan disukai banyak anak kecil, susu ini juga kaya akan Protein yang bisa membantu tumbuh kembang buah hati.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat bagi anak ketika mengonsumsi makanan yang mengandung Protein. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.