Jangan Beri Ini Bila Si Kecil Diare!



Selain memilih makanan untuk anak diare yang aman dikonsumsi, Moms juga harus teliti dengan makanan yang jadi pantangan Si Kecil saat diare. Dalam kondisi tertentu, beberapa makanan tersebut justru memperparah kondisi diare Si Kecil. 


Nah, lantas apa saja makanan yang harus dihindari ketika anak diare? Berikut penjelasannya:

            1. Makanan yang Harus Dihindari

Biasanya, makanan berminyak seperti gorengan, makanan olahan atau fast food, kue kering, coklat, dan sosis akan memperburuk kondisi diare. Hindari juga pemberian jus buah seperti apel karena jenis buah ini dapat melonggarkan tinja Si Kecil. 


Moms juga patut untuk pantang memberikan buah dan sayuran yang dapat menyebabkan gas. Misalnya sayuran berwarna hijau, paprika, brokoli, kol, buncis, kacang polong, buah beri, plum, dan jagung. 


Selain itu, minuman kafein dan berkarbonasi juga harus dihindari. Batasi juga konsumsi produk susu jika ternyata dapat memperburuk kondisi diare atau menyebabkan gas dan kembung pada Si Kecil.


            2. Tips Memberi Makan saat Anak Diare

  • Siap sedia cairan oralit. 



Diare sangat rentan dengan dehidrasi. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, disarankan untuk memberikan oralit sekitar 10 ml/kg berat badan. Misalnya, berat anak ialah 10 kg, maka oralit yang diperlukan sebanyak 100 ml setiap mengalami diare.


  • Terus berikan ASI.

ASI memberikan proteksi tersendiri untuk Si Kecil. Maka, pemberian ASI tidak boleh dihentikan meskipun Si Kecil tidak mood. 


  • Berikan makanan yang banyak mengandung cairan.


Berilah Si Kecil makanan dengan kadar air tinggi. Misalnya sup, yoghurt, atau air kelapa. Namun, untuk jus buah tidak disarankan.


Hal ini dikarenakan beberapa buah mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol yang dapat menyebabkan osmolaritas meningkat. Namun, buah atau makanan yang mengandung tinggi kalium seperti pisang boleh dikonsumsi.


  • Porsi kecil namun sering.


Saat diare, nafsu makan anak mungkin akan menurun. Namun, Moms harus tetap memastikan asupannya terjaga. Nah, bila seperti ini, Moms dapat memberi makanan dengan porsi kecil namun waktu makannya sering. Misalnya, setiap 3-4 jam untuk memenuhi kebutuhan zat gizi Si Kecil selama diare. 


  • Berikan makanan tinggi energi setelah pulih.


Biasanya saat diare, anak akan mengalami dehidrasi. Untuk itu, Moms perlu mengejar kurangnya asupan nutrisi dengan memberikan makanan tinggi energi setelah pulih.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus Moms hindari dan juga tips pemberian makan ketika Si Kecil diare. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.