Kenali Virus Panleukopenia Pada Kucing Sebelum Terlambat

Fakta membuktikan bahwa 20% anak kucing yang berhasil selamat dari infeksi panleukopenia, sementara sisanya tidak beruntung. Itu membuktikan bahwa virus panleukopenia ini mengancam kucin, khususnya kucing yang masih anak-anak. Maka dari itu, pemilik kucing wajib mengenali virus yang satu ini lebih dekat.

Infeksi panleukopenia ini tergolong berbahaya. Meski begitu, virus ini tidak berbahaya untuk manusia. Namun sangat berbahaya dan semakin berbahaya jika menyerang anak kucing. Karena tingkat anak kucing yang selamat terhadap infeksi ini sangat rendah sekali dibandingkan dengan kucing dewasa.

Infeksi yang menyerang kucing ini memiliki gejala-gejala umum yang bisa kita bedakan dari virus yang lain. Bahkan terkadang banyak sekali orang atau pemilik kucing yang belum paham membedakan mana gejala virus dan mana gejala penyakit biasa karena sedikit samar.

Adapun gejala-gejalanya di antaranya seperti demam tinggi, dehidrasi, muntah, diare parah, lesu, dan kurang nafsu makan. Inilah gejala-gejala awal yang perlu diwaspadai oleh para pemilik kucing.


Terkait pengobatan, hingga saat ini kondisi kucing yang terkena infeksi panleukopenia masih belum bisa ditangani secara optimal. Karena infeksi atau virus ini belum ada obatnya sama sekali. Jadi Anda harus bisa mencegahnya sejak dini, saat kucing masih anak-anak.

Untuk pencegahannya sendiri hanya bisa dilakukan melalui proses vaksinasi saja. Tidak ada hal lain yang bisa mencegah infeksi tersebut kecuali vaksinasi. Dengan vaksinasi, kucing akan tercegah dari berbagai infeksi virus, salah satunya yaitu panleukopenia ini.

Di lain sisi, vaksinasi yang dilakukan tidak hanya satu kali seumur hidup. Akan tetapi, vaksinasi dilakukan secara berkala satu tahun sekali. Vaksinasi harus dilakukan terus satu tahun sekali agar kucing bisa terhindar dan tercegah oleh infeksi yang satu ini.

Vaksinasi harus dilakukan di usia yang masih kecil. Pasalnya infeksi panleukopenia ini bisa bertambah parah jika terjadi pada anak kucing dan kemungkinan selamatnya pun lebih tipis dibandingkan kucing dewasa.

Itulah informasi seputar virus panleukopenia yang penting untuk diperhatikan. Karena virus ini sangat berbahaya untuk kucing. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan terbaik untuk kucing, salah satunya yaitu Royal Canin yang disukai oleh kucing.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.