5 Bahan yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Kalung Berlian Asli


Perhiasan berlian memiliki banyak sekali peminat, terutama para wanita. Memang tidak bisa dipungkiri keindahan berlian akan membuat siapapun terpikat. Selain itu berlian juga bisa digunakan untuk menciptakan penampilan yang lebih perfect. Dikenal sebagai perhiasan dengan harga fantastis justru membuat berlian semakin diburu oleh masyarakat luas. Salah satu perhiasan berlian yang sedang populer saat ini adalah kalung berlian asli.

Memiliki kalung berlian diantara koleksi perhiasan merupakan suatu kebanggan tersendiri. Tidak hanya sekadar disimpan, perhiasan berlian termasuk kalung juga perlu dirawat secara benar dengan cara rutin membersihkannya. Sebenarnya cara paling efektif untuk membersihkan kalung berlian mewah adalah dengan membawanya ke toko perhiasan untuk dibersihkan secara profesional. Namun tidak ada salahnya jika ingin memebrsihkannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan berikut. 

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kemampuan yang baik untuk membuat permukaan kalung berlian terlihat lebih bersih dan bersinar kembali. Caranya sama dengan saat menggososk gigi, yaitu menggosokkan sedikit pasta gigi pada berlian menggunakan sikat gigi yang lembut. Serta teliti bagian lipatan yang mungkin sulit dijangkau, sebab biasanya pada bagian tersebutlah kotoran banyak terkumpul. Kemudian bilas dengan air mengalir sambil terus disikat hingga busa hilang. Selanjutnya keringkan berlian menggunakan handuk lembut dan angin-anginkan sebelum kalung berlian kembali dikenakan atau disimpan. 

  1. Sabun Pencuci Piring

Tidak jauh berbeda dengan pasta gigi, sabun pencuci piring juga mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk menghilangkan kotodan dan minyak yang menempel pada kalung berlian. Karena digunakan untuk mencuci perlatan makan, sabun pencuci piring umumnya memiliki kandungan yang lembut sehingga tidak akan merusak berlian. Caranya yaitu dengan merendam berlian ke segelas rendaman air dan sabun pencuci piring selama 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, berlian bisa disikat menggunakan sikat gigi lembut kemudian dibilas. 

  1. Pembersih Kaca

Selain efektif digunakan untuk membersihkan kaca, cairan pembersih kaca juga bisa digunaan untuk membersihkan berlian. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan sedikit cairan pemebrish kaca ke kalung berlian lalu segera lap dengan kain lembut. Langkah tersebut bisa dilakukan beberapa kali hingga berlian kembali bersih. Pastikan juga bagian lipatan kalung sudah bersih dari sisa cairan pembersih kaca. Jika ada residu yang tertinggal, cairan tersebut justru bisa memberikan noda pada permukaan kalung berlian.

  1. Soda 

Soda memang terkenal efektif membersihkan berbagai macam perhiasan, tak terkecuali kalung berlian. Akan tetapi jika terkena soda terlalu lama juga membuat perhiasan bisa rusak. Hal tersebut disebabkan soda memiliki sifat abrasive. Oleh karena itu, air soda biasanya digunakan untuk bagian yang sangat kotor. Umumnya waktu untu merendam kalung berlain di air soda adalah 5-10 menit saja. Sebisa mungkin hindari merendam berlian di air soda dalam waktu yang lama. Selanjutnya sikat berlian menggunakan sikat gigi lembut dan bilas dengan air mengalir. 

  1. Larutan Pembersih Celup Cepat

Larutan ini dibuat khusus untuk membersihkan perhiasan berlian, perak, emas, dan logal lainnya dengan cepat. Sebelum menggunakannya, pastikan sudah membaca dan memahami label pada kemasan larutan. Perhatikan juga semua petunjuk pemakaian larutan celup cepat dengan detail. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir keasalah yang bisa merusak perhiasan berlian. Setelah proses pembersihan selesai, keringkan cincin di atas kain lembut dan angina-anginkan. Selanjutnya kalung berlian sudah bisa dikenakan kembali. 


Meski dilakukan di rumah, penting untuk memperhatikan cara membersihkan kalung berlian asli dengan bahan-bahan tersebut. Sebab jika tidak hati-hati bisa membuat berlian rusak. Temukan berbagai koleksi kalung berlian terbaru di Mondial.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.