Ketahui Cara Membedakan Liontin Berlian Asli Kualitas Terbaik


Banyak yang sangat mendambakan memiliki liontin berlian. Memang liontin berlian asli memang menawan dan indah apabila dikenakan. Hanya saja, semua produk yang beredar di pasaran sayangnya tidak semuanya asli. Hal ini karena adanya penjual-penjual nakal yang memalsukan produk tersebut.

Cara Mengecek Liontin Berlian Asli Dan Palsu

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa liontin yang dibeli memanglah berlian asli. Terutama bagi Anda yang masih awam dalam mengenal batu mulia. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut ini!

Mengeceknya Dengan Hembusan Nafas

Cobalah untuk mendekatkan berlian ke mulut Anda. Kemudian, hembuskanlah nafas ke seluruh bagian area permukaan berlian yang hendak akan hendak beli.  Dimana cara ini dilakukan supaya batu tersebut mengalami peningkatan suhu.

Apabila liontin tersebut memanglah berlian asli maka akan mengeluarkan panas kembali. Hal ini karena berlian asli memiliki sifat untuk menyerap panas. Sehingga, jika berlian tersebut malah menimbulkan kabut sebagaimana di kaca, bisa jadi itu adalah palsu.

Menggunakan Kaca Pembesar

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kaca pembesar. Adapun cara ini digunakan untuk mengecek inklusi atau kecacatan yang disebabkan oleh faktor alam pada produk tersebut. Apabila Anda ingin mendapatkan berlian asli, maka cobalah untuk memperhatikannya dengan teliti.

 Semakin sempurna  atau mulusnya sebuah berlian, maka patut Anda curigai. Apabila, berlian asli pasti memiliki kecacatan yang diakibatkan oleh pembentukan alam. Meskipun bistu, nilai inklusi yang dimiliki oleh berlian asli cenderung stabil. Sehingga bisa dipastikan meskipun tidak terlalu mulus, tetapi ketakutannya dimilikinya pun sedikit.


Cobalah Untuk Menggosoknya

Langkah selanjutnya yaitu dengan menggoreskan batu permata pada permukaan kaca. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah berlian tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Apabila jenis batu mulia ini dimasukan malah menimbulkan kerusakan, bisa dipastikan kualitasnya rendah.

Bahkan bisa jadi, produk tersebut memanglah palsu. Seperti yang diketahui, bahwa berlian yang asli pasti tidak akan mudah tergores. Malah, kaca akan tergores karena bersinggungan dengan Berlian. Hal tersebut karena berlian memiliki karakteristik yang sangat keras.

Mengeceknya Dengan Menggunakan Kertas Koran

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaat koran. Cobalah untuk menempatkan berlian tersebut di atas koran dan bacalah tulisan yang tertulis di kertas tersebut; Apabila Anda membacanya dengan jelas, maka Anda perlu hati-hati.

Hal tersebut karena  bisa jadi itu adalah palsu. Pasalnya, berlian yang asli memiliki bias cahaya sehingga membuat Anda kesulitan bahkan hampir tidak memungkinan untuk membcanya.

Memeriksa Pengaturan Dan Pasang

Anda pun dapat mengetahui berlian asli atau tidak dengan lingat pengaturan pasangnya. Pasalnya, berlian memiliki nilai harga tinggi, biasanya akan dipasangkan dengan perhiasan yang memiliki kualitas tinggi pula.

Misalnya dipasang dengan bahan emas putih, emas kuning, maupun platinum. Biasanya jika itu emas maka akan tercantum tulisan 14K, 18K, 10K, dan lain sebagianya. Ini menunjukan kadar emas yang digunakan.

Namun, jika itu menggunakan Platinum maka Anda akan menemukan tanda PT maupun Plat. Selain itu, Anda pun akan melihat angka 900, 770, 585, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda melihat ukiran C.Z, maka itu menandakan bahan pendukung terbuat dari Zirkonia kubik. Dimana artinya liontin tersebut bukanlah berlian asli.

Liontin Berlian asli memang memiliki harga yang tinggi, apabila Anda tertarik untuk membelinya. Pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya dan memiliki service terbaik seperti the Palace Jeweler. Jika memang ingin costume, usahakan sampaikan secara mendetail.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.