5 Tips Sukses Menerapkan Digital Strategy Marketing yang Efektif


Sebelum menjalankan pemasaran digital atau digital marketing, Anda harus mengetahui strateginya. Pasalnya digital strategy marketing yang tepat bisa menghasilkan pemasaran yang efektif dan efisien. Pada umumnya, strategy marketing berhubungan dengan penggunaan teknologi agar kinerja bisnis meningkat. Setiap pebisnis harus melakukannya agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor.

Beberapa contoh strategy marketing yang banyak dipakai  pebisnis adalah social media marketing, search engine optimization, pay-per-click ads, email marketing, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara menerapkannya agar efektif? Artikel ini akan membahasnya!

Tips Menerapkan Digital Strategy Marketing

Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan saat menerapkan strategy marketing:

  1. Menentukan Tujuan Strategy Marketing Berdasarkan Tujuan Bisnis

Sebelum memulai pemasaran online, Anda harus menentukan tujuan strategi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi yang tepat agar hasilnya efektif dan efisien. Cara menentukan strategi pemasaran tentu saja dengan melihat tujuan bisnis dari awal. 

Jika tidak ada tujuan, maka sulit untuk mengukur keberhasilan pemasaran. Anda harus menentukan tujuan secara spesifik, terukur, relevan, realistis, dan dalam jangka waktu tertentu. Jadi semua hal yang dilakukan dalam pemasaran menjadi jelas.

  1. Memakai Metrik Agar Hasil Lebih Akurat

Saat menerapkan strategy marketing tertentu, Anda harus menggunakan metrik sehingga hasilnya lebih akurat. Contohnya yaitu ketika menerapkan strategi pemasaran media sosial. Metrik sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis dari awal sampai akhir.

Kebanyakan orang menggunakan metrik untuk melihat like, retweet, comment, atau engagement lainnya. Padahal hal tersebut mudah dilihat. Manfaatkan metrik untuk menentukan hal yang sulit dinilai misalnya seperti conversion rate, lead generation, web referrals, dan lain sebagainya.


  1. Pelajari Target Audiens Secara Detail

Tips menerapkan strategy marketing selanjutnya yaitu mempelajari target audiens. Perlu Anda ketahui bahwa setiap pemasaran memiliki targetnya masing-masing. Ini memudahkan Anda untuk menentukan jenis strategi dan konten yang akan dipakai.

Namun sebelum itu, lakukan riset pada audiens secara detail. Pelajari semua hal yang berhubungan dengan target audiens Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan audiens yang berpotensi menjadi pelanggan. Jadi strategi pemasaran yang dilakukan akan jauh lebih efektif. 

  1. Melakukan Riset Pada Kompetitor

Selain riset audiens, Anda juga harus riset pada kompetitor. Anda perlu mengetahui siapa saja kompetitor yang saat ini sedang berada di level lebih atas. Lihat apa yang mereka lakukan untuk mencapai posisi tersebut. 

Melalui riset kompetitor, Anda juga bisa mengetahui cara terbaik untuk bersaing dengan mereka. Pahami dan pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan kompetitor. Jadikan kekurangan dari kompetitor sebagai kelebihan pemasaran Anda.

  1. Melakukan Audit

Terakhir yaitu audit pada pemasaran digital yang pernah dilakukan.  Cari tahu apa yang pernah dilakukan sebelumnya serta hasil yang didapatkan dari pemasaran tersebut. Melalui audit ini, Anda bisa merencanakan strategi pemasaran yang tepat agar hasilnya lebih baik. Evaluasi yang dilakukan harus memberikan gambaran tentang tujuan pemasaran.

Gunakan Jasa Diginet Agar Strategy Marketing Lebih Efektif

Diginet atau Digital Internet merupakan digital agency yang berbasis di Jawa Barat. Mereka menawarkan berbagai macam produk dan layanan digital strategy marketing untuk membantu bisnis Anda. Mulai dari SEO, SEM, SMM, pembuatan website, content placement, dan masih banyak yang lainnya.

Sebelum bekerja sama, Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis terlebih dahulu. Tujuan konsultasi untuk membantu menentukan strategi sesuai dengan tujuan bisnis. Tim Diginet bisa Anda hubungi melalui website atau WhatsApp. Selamat bekerja sama dan semoga mendapatkan hasil yang maksimal!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.