Inilah Peran Penting Social Media Campaign Pada Sebuah Bisnis



Tidak bisa dipungkiri, saat ini pengguna berbagai platform media sosial sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, penerapan social media campaign atau kampanye melalui media sosial merupakan salah satu langkah yang tepat agar Anda para pengusaha dapat mengembangkan bisnis serta meraih kesuksesan dalam membangun brand awareness di masyarakat.


Brand awarenes sendiri merupakan hal yang cukup krusial bagi sebuah bisnis. Pasalnya, jika brand awareness atau kesadaran produk sudah terbangun di masyarakat dengan baik, hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor yang mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Pasalnya, kampanye yang dilakukan di media sosial mampu menjangkau target fokus dan juga indikator yang tepat


Perlu diketahui, salah satu strategi pemasaran digital yang satu ini sudah dilakukan oleh banyak brand yang memiliki berbagai konsep dan juga tujuan. Biasanya, dalam penerapannya brand-brand tersebut sudah memiliki tema tertentu yang akan di kampanyekan kepada masyarakat luas.


Tema yang dipilih juga tidaklah sembarangan karena sebelumnya dibutuhkan riset yang mendalam dan akurat. Setelah melalui proses tersebut, barulah kampanye diterapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 


Seberapa Pentingkah Social Media Campaign?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kampanye yang dilakukan oleh setiap perusahaan memiliki peranan yang cukup krusial. Dengan kampanye yang tepat, para pengusaha bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Adapun peran dari penerapan kampanye di platform media sosial ini diantaranya yaitu:


  1. Membangun serta meningkatkan brand awareness

Kampanye media sosial mampu membantu para pengusaha dalam meningkatkan brand awareness dengan menampilkan produk atau jasa pada audiens yang lebih luas.


Brand awareness atau kesadaran masyarakat (audiens) pada suatu produk merupakan salah faktor penting dalam usaha. Pasalnya, jika brand awareness sudah terbentuk, hal tersebutlah yang menjadi salah satu pendorong para audiens untuk membeli produk tersebut.


  1. Mendongkrak angka penjualan

Tujuan utama dari sebuah pemasaran tentu untuk menaikan angka penjualan. Nah, kampanye ini juga dapat mendongkrak angka penjualan dengan cara menawarkan diskon, kupon, atau promosi lainnya.


Strategi ini dipercaya ampuh karena para konsumen akan merasa tertarik akan penawaran tersebut, tak peduli seberapa persen besaran penawaran tersebut.


  1. Menciptakan dan menjaga hubungan dengan konsumen

Selain meningkatkan angka penjualan, dengan kampanye media sosial juga dapat meningkatkan hubungan serta menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen.


Pasalnya, kampanye yang baik hal tersebut menjadi salah satu pendorong mereka untuk memberikan komentar, berbagi konten, atau mengikuti akun media sosial Anda.


  1. Meningkatkan keterlibatan brand secara keseluruhan

Peran kampanye sosial media selanjutnya yaitu meningkatkan keterlibatan brand. Maksudnya, kampanye yang tepat akan membantu Anda dalam membangun komunitas yang mendukung brand Anda.


Imbasnya, semakin banyak orang yang terlibat dalam komunitas maka hal tersebut akan semakin membuat para audiens penasaran terhadap produk Anda sehingga mendorongnya mereka untuk membeli produk tersebut.


Itulah dia beberapa peran dari menjalankan social media campaign yang cukup penting dan krusial bagi sebuah perusahaan. Namun, mengingat strategi ini harus dilakukan dengan tepat dan tidak sembarang orang mampu melakukannya, maka pastikan prosesnya ditangani oleh tenaga ahli, ya! Untuk itu, Anda bisa mempercayakan penerapan kampanye media sosial ini pada IDEOWORKS.


IDEOWORKS sendiri merupakan salah satu digital marketing agency profesional dan terpercaya yang bisa Anda pilih sebagai partner bisnis. Agensi tersebut diisi oleh para tenaga ahli dan kompeten di bidangnya masing-masing sehingga mam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.