Jumat, 25 April 2014

on Leave a Comment

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil Muda

Mual dan muntah merupakan hal yang lazim dialami oleh calon ibu pada awal kehamilan, meskipun tidak semua calon ibu mengalaminya tapi mual dan muntah bisa menjadi pertanda bahwa calon ibu tengah hamil muda.
Mual dan muntah atau disebut juga morning sickness terjadi akibat perubahan hormonal yang terjadi pada calon ibu, terutama pada kehamilan trimester pertama. Perubahan hormonal tersebut mengakibatkan calon ibu menjadi lebih sensitif terhadap bau-bauan, rasa dan bahkan pada penampilan makanan tertentu. Sehingga tubuh calon ibu perlu melakukan adaptasi yang salah satu efeknya dengan munculnya perasaan mual dan ingin muntah.
Meskipun mual dan muntah itu hal yang sangat wajar terjadi pada calon ibu yang tengah hamil muda, namun jika terjadi mual muntah yang hebat atau berlebihan maka itu sangat berbahaya bagi kesehatan calon ibu juga perkembangan janinnya. Calon ibu yang mengalami mual muntah yang hebat atau biasa disebut hyperemesis dapat menyebabkan dehidrasi yang tentu saja hal ini sangat membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Karena seperi kita ketahui calon ibu yang sedang hamil memerlukan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya, selain untuk kesehatan dirinya juga dibutuhkan untuk nutrisi calon bayi yang dikandung.
Mual dan muntah pada awal kehamilan dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut :
1. Ketika bangun tidur, cobalah bangun secara perlahan-lahan untuk duduk supaya tidak pusing, kemudian setelah merasa nyaman baru kemudian berdiri. Hindari bangun dari kasur dengan kaget dan terburu-buru karena saat hamil muda calon ibu lebih rentan merasa pusing kepala yang akan memicu perasaan mual dan muntah.
2. Makan dengan porsi yang sedikit namun sering, jangan memaksakan makan dengan porsi yang banyak karena dapat menyebabkan mual.
3. Mengkonsumsi makanan ringan namun tetap bergizi , seperti kue-kue kering, roti bakar, crackers, atau biskuit.
4. Mengkonsumsi buah-buahan atau jus buah. namun hati-hati karena ada beberapa jenis buah tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.
5. Mengkonsumsi minuman jahe hangat dapat mengurangi perasaan mual dan mutah.
6. Menghindari makanan dan minuman yang berbau tajam.
7. Melakukan relaksasi dan olah raga ringan, seperti jalan pagi-pagi untuk menghirup udara segar.
8. Jika mual muntahnya cukup hebat, calon ibu harus memeriksakan diri ke bidan atau ke dokter kandungan. Biasanya calon ibu akan diberikan vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual dan muntahnya. Jangan mengkonsumsi obat-obatan anti mual tanpa pengawasan dari dokter atau bidan karena dapat mempengaruhi pada janin yang dikandung.
 9. Mengkonsumsi susu kehamilan yang khusus untuk mengatasi mual atau emesis.

Selamat mencoba yaa..dan tetap semangat menjalani kehamilannya ;)

0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in