Kamis, 12 Maret 2015

on Leave a Comment

Khasiat dan Cara Mengolah Sirih Merah untuk Kesehatan


Sirih merah merupakan tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari daerah Daru, Sulawesi. Tumbuhan ini memiliki nama lain Piper Ornatum, selain daunnya yang indah tetapi tumbuhan ini juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, berikut akan kami paparkan beberapa k
hasiat beserta cara pengolahan daun sirih merah.
1. Sirih merah untuk mengobati diabetes mellitus (kencing manis)
Siapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk, lalu cuci bersih dan iris kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan air tiga gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Minum ramuan itu 3 kali sehari sebelum makan, dalam dosis setengah gelas sekali minum secara teratur.
2. Mengobati radang prostat
Siapkan enam lembar daun sirih merah yang masih muda (bagian pucuk) lalu cuci bersih dan iris kecil-kecil, kemudian rebuslah dengan air 2 gelas (400 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Selanjutnya saring dan dinginkan lalu minum ramuan itu langsung dihabiskan. Minum dua kali sehari secara teratur.
3. Manfaat sirih merah berikutnya adalah dapat mengobati TBC, cara pengolahannya adalah Siapkan enam lembar sirih merah yang sudah tua berukuran sedang atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar lalu Cuci bersih dan bilas tiga kali, kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air tiga gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas. Selanjutnya saring dan minum ramuan selagi hangat tiga kali sehari. Sekali minum sebanyak setengah gelas. Tambahkan 1 sendok teh madu murni atau perasan jeruk nipis bila perlu.
4. Mengobati Jantung Koroner
Siapkan daun sirih merah ukuran sedang 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil. Selanjutnya, rebus irisan daun sirih merah dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas lalu saring. selanjutnya minum ramuan selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum satu gelas

Itulah 4 khasiat daun sirih merah beserta cara pengolahannya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in