Senin, 27 Juli 2015

on Leave a Comment

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Gandum adalah makanan yang kaya akan karbohidrat yang biasa dijadikan bahan dasar roti atau makanan lain, ternyata menyimpan begitu banyak manfaat bagi tubuh kita apabila kita mengkonsumsi gandum tersebut tentunya. Bahkan menurut beberapa penelitian oleh para ahli bahwa kandungan yang ada pada gandum sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis seperti : jantung, jantung koroner, kurang darah dan salah satunya baik dijadikan makanan untuk gula darah.
Selain diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh kita, ternyata gandum memiliki beragam senyawa fitokimiayang memiliki dampak positif untuk kesehatan. Gandum juga memiliki kandungan fitosterol, saponin, squalen dan orisanol serta tokotrienol yang dapat menurunkan kandungan kolesterol yang terdapat dalam darah.



Adapun beberapa manfaat gandum bagi kesehatan adalah :
1.         Memperlancar pencernaan
Manfaat yang pertama adalah gandum dapat memperlancar pencernaan, karena biji gandum mengandung komposisi serat yang akan membantu untuk mengatasi berbagai masalah penyebab gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar. Dan pada gandum juga terdapat prebiotik yang berperan untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pertembuhan bakteri baik yang terdapat di dalam usus. Maka apabila bakteri baik telah meningkat dapat dipastikan pathogen atau bakteri jahat yang merugikan akan dapat dihadang.
2.         Mencegah/mengurangi penyakit gula darah
Manfaat yang berikutnya adalah gandum dapat dijadikan makanan untuk gula darah karena gandum mengandung banyak karbohidrat yang apabila diolah menjadi makanan akan memiliki kandungan gula yang sangat rendah, jadi sangat cocok bagi penderita gula darah / diabetes untuk menjadikan gandum sebagai makanan pokok.

0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in