Kamis, 14 Juli 2016

on

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Makanan adalah asupan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak kita. Saat bayi, ASI adalah makanan utama yang harus diberikan dan saat usianya sudah cukup, maka kita perlu memberikan makanan pendamping Asi seperti bubur bayi atau makanan lain yang lembut dan mememang diperuntukkan sebagai makanan pendamping Asi. Selanjutnya, memasuki usia dua tahun keatas, maka makanan yang diberikan pada anak pun akan semakin kompleks lagi, meliputi nasi, daging, sayur, hingga buah – buahan. sayangnya, banyak anak yang memilih – milih makanan dan rata – rata mereka tidak suka sayur sehingga susah makan. Untuk itu, kita perlu mencari cara untuk mengatasi anak susah makan yang akan dirangkum dalam tulisan hari ini.


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika sayuran adalah salah satu jenis makananyang sering dihindarin anak. Padahal, sayuran memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan serta perkembangan anak. Kali ini, kami akan berbagi tips untuk membujuk anak agar mau makan sayur dan cara mengatasi anak susah makan karena sayur.
  • Jelaskan manfaat sayur secara sederhana, misalnya “Nak, kamu mau nggak punya mata yang bagus? Supaya mata kamu bagus penglihatannya kami harus mau makan wortel”
  • Jelaskan manfaat sayur dengan cara unik, seperti “Tuh lihat Popeye punya badan yang kuat dan dia selalu menolong Olive dari gangguan Bravo. Itu karena Popeye selalu makan bayam. Kalau kamu mau kuat seperti Popeye, kamu juga harus rajin makan bayam”
  • Buat menu unik yang bahannya terdiri dari berbagai sayuran. Anak – anak biasanya suka makan Nugget Ayam. Agar anak mau makan sayur, anda bisa mencoba untuk membuat Nugget ayam sayur, atau Nugget sayur saja. Namun, jangan katakan pada anak anda jika Nugget tersebut mengandung sayuran agar anak tidak menolak makan.
  • Buat bentuk unik dari sayuran tersebut. Misalnya, lobak atau wortel bisa anda potong dengan bentuk – bentuk yang lucu dan dapat menarik perhatian anak untuk makan.
Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in