Kamis, 18 Mei 2017

on Leave a Comment

Penyebab Timbulnya Rasa Gatal di Kulit Kepala

Penyebab Timbulnya Rasa Gatal di Kulit Kepala

Rasa gatal di kulit kepala merupakan hal yang sangat mengganggu. Gejala ini cukup banyak dialami oleh berbagai kalangan masyarakat namun tidak dianggap sebagai sesuatu yang serius, sehingga tidak dilakukan penanganan dengan cara yang tepat. Namun dari segi ilmu kesehatan, gatal di kulit kepala disebabkan oleh banyak hal. Kesehatan kulit kepala bisa menjadi cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Saat anda mengalami rasa gatal di kulit kepala, anda harus segera mencari tahu penyebabnya, sehingga anda bisa mengatasi dengan cara yang tepat. Rasa gatal di kulit kepala tidak dapat dibiarkan karena sangat mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri anda. Pada artikel ini, kami akan membahas penyebab dan cara mengatasi kulit kepala gatal.

Gangguan ketombe
Dibanding penyebab lainnya, ketombe merupakan penyebab paling sering munculnya rasa gatal di kulit kepala. Gangguan ketombe ditandai hadirnya serpihan putih atau keperakan yang tampak di bagian bahu anda, dan akan sangat jelas jika anda mengenakan pakaian bernuansa hitam. Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia yang tidak terkendali, sehingga menyebabkan timbulnya minyak dan sel-sel mati di kulit kepala. Hal inilah yang menimbulkan serpihan akibat kulit kepala mengelupas dan rasa gatal di kulit kepala. Untuk mengatasinya, jika rasa gatal diakibatkan ketombe anda hanya perlu memilih shampo anti ketombe paling ampuh.

Psoriasis
Penyebab berikutnya disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat, sehingga membentuk bercak tebal berwarna kemerahan. Kulit kepala yang kemerahan ini tertutupi oleh sisik dan serpihan berwarna keperakan. Dibandingkan gangguan ketombe, psoriasis tergolong penyakit kronis yang tidak hanya menjangkiti area kulit kepala, namun juga di bagian lutut, siku, dan punggung. Jika anda mengalami gangguan gatal di kulit kepala akibat psoriasis dengan tingkat ringan hingga sedang, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan shampo yang mengandung salicylic acid (asam salisilat), minyak atau krim yang terbuat dari coal tar atau ter batubara.

Demikianlah 2 penyebab dan cara mengatasi kulit kepala gatal yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in