Periode Emas Perkembangan Kepintaran Anak

kepintaran anak
Kepintaran Anak berawal dari pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan otak yang optimal. Orang tua memiliki peran penting dalam hal ini dan berkewajiban mengawasi semua aktivitas yang dilakukan si kecil. Periode emas untuk membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang otak si kecil adalah sejak 0 hingga 6 tahun.

Selain itu, kesehatan si kecil dan juga nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk membantu perkembangan intelektual dan kemampuan belajar secara optimal. Salah satu nutrisi yang sangat penting yaitu choline, untuk mendukung pembentukan dan perkembangan otak serta daya ingat yang kuat. Dengan mengoptimalkan pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan otak pada periode emas, orang tua dapat mengarahkan Kepintaran Anak.
kepintaran anak
Periode Emas untuk Tumbuh Kembang Kepintaran Anak
Periode emas pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil untuk mendukung akal pintarnya yaitu antara 0 hingga 6 tahun. Selama itu, orang tua disarankan mengawasi dan membimbing si kecil.

Menurut Dokter Hardiono, perkembangan otak si kecil sebenarnya sudah dimulai sejak ia masih di dalam kandungan ibu. Bahkan sel saraf otak janin berkembang sejak usia kandungan 2-3 bulan. Oleh karena itu, masa-masa dalam kandungan tidak bisa disepelekan, tetapi harus dimanfaatkan dengan baik.

Otak janin di kecil akan terus berkembang dari usia 0 hingga 6 tahun. Tahapan atau proses pematangan yang terjadi pada otak meliputi:

Jalur saraf penting
Hubungan antar sel (synapses)
Pembungkus saraf (mielin)
Sinapsis dan mielin merupakan satu kesatuan untuk mendukung fungsi otak secara optimal. Jika di masa ini tidak mendapat rangsangan yang baik, maka kan sulit menyambungkan kembali jalur-jalur tersebut di kemudian hari.
Memenuhi Nutrisi Mendukung Periode Emas Si Kecil
Choline adalah nutrisi utama yang paling penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Choline termasuk dalam kelompok vitamin B dan membantu dalam berbagai hal seperti berikut ini:

Membantu pembentukan otak si kecil sejak dalam masa kandungan
Setelah si kecil lahir, choline masih dibutuhkan untuk perkembangan otak dan membantu menguatkan daya ingat.

Selain untuk otak, choline juga mendukung pembentukan membran sel, mensintesis phosphatidylcholine yang merupakan komponen penting membran sel, neurotransmission, metabolisme metil (methyl), transportasi lemak, kolesterol dan juga metabolisme tubuh.

Oleh karena itu orang tua perlu memantau nutrisi choline yang harus dikonsumsi si kecil. Makanan yang mengandung choline antara lain susu, kuning telur, daging unggas, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, gandung dan rumput laut. Pastikan nutrisi-nya terpenuhi dan bimbing si kecil untuk mengoptimalkan akal pintarnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.