Cara Cek Kehamilan Berdasarkan HPHT

Cara Cek Kehamilan
Cara Cek Kehamilan

HPHT adalah kependekan dari Hari Perhitungan Haid Terakhir. Istilah ini merupakan metode cara cek kehamilan yang tergolong akurat. Cara melakukannya pun sangat mudah. Namun, Anda harus tahu kapan hari haid terakhir Anda. Nah, di sini, kami akan menjelaskan cara-caranya untuk Anda yang ingin cek kehamilan secara akurat tanpa pergi ke dokter.

Sebagai informasi, HPHT adalah cara mengecek kehamilan yang juga disebut sebagai metode naegele. Cara ini sangat ampuh bagi setiap wanita yang memiliki siklus mens teratur selama 28 hari. Syarat untuk menghitungnya, Anda harus menentukan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Kemudian, hasilnya ditambahkan dengan 40 minggu untuk memperkirakan waktu melahirkan.

Nah, berikut kami akan memaparkan rumusnya :



Hari pertama haid Anda misalnya tanggal 25 Juli 2020, maka cara menghitungnya yaitu sebagai berikut :

25 Juli 2020 + 1 tahun = 25 Juli 2021
25 Juli 2021 + 7 hari = 3 Agustus 2021
3 Agustus 2021 – 3 bulan = 3 Mei 2021

Nah, dari perhitungan di atas, maka kita bisa simpulkan, bahwa perkiraan kelahiran si kecil, adalah pada tanggal 3 Mei tahun 2021.

Cara Mengoptimalkan Cek Kehamilan HPHT


Anda bisa mengoptimalkan hasil di atas. Yaitu, dengan cara mengunjungi dokter. Setelah Anda memperkirakan kehamilan, silahkan melalui USG. Cara ini ampuh dan akurat untuk mendukung analisa kehamilan yang telah Anda buat tadi.

Kenapa harus HPHT terlebih dahulu baru ke dokter? Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran Anda. Jadi, Anda bisa cek kehamilan sendiri di rumah. Setelah terbukti hamil, silahkan kunjungi dokter. Jika cek langsung di dokter, Anda bisa bolak-balik dan menghamburkan biaya.

Dengan mengoptimalkan HPHT dan USG, Anda juga akan belajar bagaimana cara menghitung kehamilan secara akurat, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Nantinya, hasil dari HPHT dan USG, akan memberi hasil yang jauh lebih akurat.

Cara Efektif Agar Hasil HPHT Lebih Akurat


HPHT memiliki rumus yang baku. Artinya, rumus yang digunakan di atas, sudah tidak bisa diubah dan merupakan salah satu cara penghitungan yang akurat. Meski begitu, ada titik lemah dari HPHT yang menjadikan perhitungannya kurang akurat. Titik lemahnya yaitu jika seorang calon ibu lupa kapan hari pertama haid terakhirnya.

Nah, dari titik lemahnya inilah yang memberikan kita tingkat perhatian akan perlunya kesadaran tentang HPHT. Seorang wanita harus lebih care terhadap hari pertama haid terakhirnya.

Agar penghitungan yang dilakukan bisa semakin lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang optimal. Karena, kunci sukses dari penghitungan HPHT adalah keakuratan Anda dalam mengetahui hari pertama haid terakhir.

Demikian ulasan cara cek kehamilan yang efektif. Cara ini bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Semoga dapat membantu Anda dalam mengetahui kehamilan Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.