Sekilas Tentang Ekspor Impor Di Indonesia



Ekspor Impor sudah menjadi satu kesatuan dan kaitannya sangat erat dengan kerja sama Internasional. Sebagai contoh China menjadi salah satu Negara yang aktif mengimpor barang ke Indonesia, cargo yang menyediakan jasa Import barang dari china juga mulai bermunculan. Apabila anda berkeinginan untuk memasok barang dari luar negri akan sangat mudah apabila anda meminta bantuan jasa cargo forwarder yang menyediakan jasa tersebut.

Pengertian Ekspor Impor

Pengiriman barang antar Negara biasa disebut sebagai Impor dan Ekspor. Impor untuk barang luar negri yang masuk kedalam, sedangkan ekspor sebaliknya yaitu untuk barang dalam negri yang dikirim keluar. Sebagai Orang yang melakukan kegiatan impor disebut sebagai importer, sedangkan orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut sebagai eksportir.

Masing masing dari impor dan ekspor pun memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda tergantung dari kepentingan perusahaan dan Negara. Berikut adalah tujuan dan manfaat impor yang terjadi di Indonesia. 

Tujuan Dan Manfaat Impor.

Masing masing Negara memiliki keunggulan masing masing, ada yang unggul dengan teknologinya, sumber daya alamnya, atau sumber daya manusianya. Maka dari itu antar Negara harus saling membantu demi mencukupi kepentingan bersama. Banyak kebutuhan barang yang tidak ada di wilayah Indonesia atau kita membutuhkan tenaga teknologi dari luar negri. Tujuan utama dari impor adalah memenuhi kebutuhan barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negri. Sedangkan manfaat dari impor adalah memungkinkan suatu Negara untuk memporoleh barang tersebut. Kegiatan impor dan ekspor juga sangat erat kaitannya dengan kerjasama ekonomi internasional

Berikut adalah contoh produk yang diimpor oleh Indonesia dari berbagai macam negara

  1. Alumunium

  2. Buah-buahan

  3. Sayuran 

  4. Pupuk

  5. Minyak Bumi dan masih banyak lagi.




Tujuan Dan Manfaat Ekspor

Sedangkan ekspor memiliki tujuan dan manfaat yang sedikit berbeda dengan impor. Ekspor memiliki manfaat yang lebih banyak karena secara tidak langsung kita dapat menjual barang atau komoditas kita kenegara luar. Beberapa tujuan dan manfaat Impor adalah 

  1. Menambah Devisa Negara

Adanya penambahan devisa Negara berarti kegiatan tersebut berdampak positif untuk dalam negri, karena mayoritas pelanggan ekspor mengatas namakan Negara maka dari itu jumalah yang diperlukan pasti sangat banyak.

  1. Memberikan Kesejahteraan Terhadap Rakyat

Indonesia aktif dalam mengekspor beberapa komoditas seperti kelapa sawit,karet, dan beberapa produk hasil hutan. Dengan adanya ekspor komoditi tersebut petani hasil hasil komoditas terkait otomatis akan lebih sejahtera.

  1. Meningkatkan Ekonomi Dalam Negri 

Apabila suatu Negara berhasil menjual barang yang dibutuhkan dengan harga yang kompetitif dalam jumlah besar keuntungan yang didapatkanpun akan menjadi pemasukan Negara penyedia barang. Dengan begitu ekonomi dalam negri pun juga semakin meningkat dan akan menumbuhkan pabrik pabrik besar.

Pengiriman barang keluar negripun memiliki prosedur khusus dan kendaraan khusus. Ada beberapa yang dikirim melalui jalur udara melalui pesawat, juga jalur laut dengan kapal. Kapal yang digunakan juga berbeda dengan kapan yang biasa digunakan untuk liburan yang biasa terdapat boat cushion didalamnya. Akan tetapi kapal khusus untuk mengangkut barang besar.

 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.