Kenali dengan Baik Alasan atau Penyebab Anak Sembelit

penyebab anak sembelit
Ada beberapa masalah dalam pencernaan yang terjadi pada perut anak yakni susahnya buang air besar atau yang pada umumnya dikenal dengan istilah sembelit. Sembelit bisa diartikan sebagai ketidakmampuan tubuh dalam mengeluarkan kotoran atau tinja dengan sempurna, dan selanjutnya frekuensi itu juga berkurang dalam BAB, dan pada kasus lain biasanya terdapat tinja yang lebih keras dari biasanya dengan dibarengi rasa nyeri pada proses buang air besar. Terdapat beberapa alasan penyebab anak sembelit yang nantinya akan kita urai satu persatu. 

Sembelit merupakan sebuah penyakit yang bisa mengganggu kualitas hidup anak. Karena sembelit ini juga memunculkan beragam penyakit seperti perut terasa penuh hingga tahap kronis dan juga tidak segera ditangani akan berdampak sakit perut yang berlebih. Dan beberapa penyebab atau alasan kenapa sembelit pada anak bisa terjadi antara lain sebagai berikut:
penyebab anak sembelit

Sering menahan buang air besar

Penyebab yang pertama adalah seringnya dalam menahan tinja yang akan keluar, hal ini memang terkadang banyak sekali terjadi pada anak sekolah dasar yang malu atau takut BAB di sekolah karena berbagai faktor. Dengan tindakan seperti ini akan menyebabkan tinja yang ada semakin keras dan juga sulit dikeluarkan karena air yang terkandung dalam tinja bisa kembali diserap oleh usus.

Kurangnya serta atau cairan

Dalam mengkonsumsi makanan, kurang cairan yang dikonsumsi bisa menjadi penyebab anak sembelit. Karena makanan yang mengandung serat tinggi dan juga air akan membantu proses keluarnya tinja pada perut dan hal ini bila kekurangan tentu akan menjadi masalah dalam proses buang air besar.
Alergi terhadap produk susu tertentu

Dan selanjutnya yang menjadi penyebab sembelit pada perut anak adalah alergi terhadap susu tertentu. Memang tak dapat dipungkiri bahwa produk susu yang kita berikan anak kita belum tentu cocok seperti anak orang lain. Karena anak memiliki masalah alergi pada sesuatu. 

Penyebab anak sembelit dengan faktor susu ini orang tua harus benar-benar jeli dan pandai dalam memilih susu formula yang baik untuk pencernaan anak. Susu Lactogrow bisa jadi pilihan orang tua di rumah untuk asupan nutrisi pendamping pada anak. Susu Lactogrow yang diperkaya dengan berbagai nutrisi membantu tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.