Kenali Manfaat Input Asi Untuk Perkembangan Anak


Saat lahir untuk asupan makanan bayi tidak memerlukan makanan lainnya selain dari ASI eksklusif yang diberikan kepadanya. Kenapa harus ASI eksklusif? Hal ini karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan ASI yang eksklusif. Pemberian seoptimal mungkin untuk input ASI kepada bayi bisa berpengaruh besar tidak hanya untuk fisik dan otak bayi, tetapi juga untuk mental bayi akan terbentuk dengan adanya hubungan langsung antara ibu dan anak yang membuatnya merasa nyaman dan mendapatkan kasih sayang.

Melakukan input ASI sangat penting bagi bayi yang baru lahir minimal sampai usia 6 bulan atau bunda dapat mengoptimalkannya sampai usia 2 tahun. Untuk tahun awal pemberian ini manfaat langsung yang bisa didapatkan dengan memberikan input ASI diantaranya seperti berikut.

Menjaga bayi memiliki berat badan yang ideal. Mungkin dari kita akan sangat gemas melihat bayi yang gemuk karena kelebihan berat badan. Hal seperti ini jika masih kecil mungkin terlihat lucu, akan tetapi jika dibiarkan terus bisa jadi terbawa sampai dewasa. Salah satu penyebabnya bisa jadi dari pemberian makanan atau minuman yang berlebihan. Dari itu dengan pemberian ASI maka berat badannya bisa terjaga dengan ideal sesuai usianya. Dengan ASI bayi tidak akan terlalu kurus atau terlalu gemuk.


Perkembangan otak bayi yang maksimal. Peran ASI bagi bayi selain sebagai makanan sekaligus juga minuman bergizi yang baik untuk perkembangannya, seperti membantu dalam perkembangan otak bayi. Dengan pemberian ASI yang rutin maka kemampuan otak bayi seperti dalam mengingat akan lebih meningkat. Sistem saraf pada otak bayi dapat tumbuh dengan baik jika memberikan ASI eksklusif secara rutin.

Sangat baik untuk sistem pencernaan. Pencernaan bayi yang baru berkembang belum waktunya untuk memproses berbagai makanan dari luar yang terlalu berat, sehingga dengan input ASI sangat sesuai dengan sistem pencernaannya. Pemberian ASI eksklusif dapat mencegah dari berbagai penyakit pencernaan yang bisa menyerang bayi seperti diare, alergi, bahkan mampu mengurangi resiko konstipasi bayi. Manfaat lainnya bayi bisa tercegah dari stunting dengan pemberian ASI yang eksklusif.

Kebutuhan berbagai nutrisi terpenuhi. Dalam masa perkembangan awal dengan pemberian ASI sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi. Nutrisi yang ada dalam ASI sudah sangat cukup dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi, sehingga tidak perlu memberikan MPASI sampai usia bayi 6 bulan. Setelah usianya lebih dari 6 bulan, bunda bisa mengkreasikan memberikan MPASI sebagai pendamping ASI untuk mengoptimalkan kebutuhan nutrisinya.

Daya tahan tubuh bayi yang meningkat. Berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam ASI juga berpengaruh besar akan daya tahan atau imunitas bayi. Dengan ASI yang cukup bisa mencegah bayi dari berbagai penyakit yang ringan sampai yang berat. Bayi yang diberikan ASI juga memiliki imunitas yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Terlebih untuk kebutuhan nutrisi bayi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga dengan memberikan ASI eksklusif selain membuat daya tahan tubuhnya meningkat juga membuat kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi. 

Kolostrum dalam ASI. Kolostrum merupakan nutrisi terbaik yang hanya ada pada ASI pertama saat bayi dilahirkan. Dengan pemberian kolostrum ini bisa memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi seperti vitamin, mineral, antioksidan, sel darah putih, sampai dengan imunoglobulin atau antibodi. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.