Perbedaan Wedding Rings dan Engagement Rings


Pernikahan merupakan acara istimewa yang dinanti-nanti bagi semua pasangan. Pada saat peristiwa penting ini pasti menginginkan yang terbaik, termasuk wedding rings.

Cincin dalam pernikahan menjadi simbol ikatan kedua pasangan untuk menjalankan biduk rumah tangga hingga akhir hayat. Cincin kawin yang melingkar di jari manis merupakan simbol komitmen keduanya. Oleh sebab itu, tentu setiap orang tentu menginginkan model wedding rings berlian yang indah dan unik. 

Pertukaran cincin pada saat acara pernikahan dilakukan pada saat pengucapan janji atau komitmen kedua pasangan untuk menjalani kehidupan bersama dalam suka maupun duka. 

Sebenarnya acara tunangan berasal dari budaya barat yang menunjukkan kepada orang lain Ada banyak cincin kawin, mulai dari rubby sampai dengan emas. Namun kelebihan cincin berlian salah satunya merupakan model yang klasik nan elegan Selain itu, cincin berlian menjadi simbol cinta abadi. Salah satu model cincin perkawinan yang sangat populer adalah solitaire ring.

Cincin berlian solitaire ring merupakan model klasik yang bermata berlian di bagian sentral cincin Desainnya yang sederhana namun elegant bisa digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. 

 

Cincin Kawin Vs Cincin Tunangan

Ada banyak pembahasan menarik mengenai perhiasan berlian, salah satunya adalah apakah ada perbedaan antara cincin kawin dan tunangan? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasannya berikut ini!

Keduanya sama-sama menjadi tanda ikatan kedua pasangan, namun ada beberapa perbedaan yang harus diketahui, yaitu:

Waktu Penggunaan

Cincin kawin digunakan saat mengucapkan janji pernikahan atau pada waktu akad nikah. Sedangkan cincin tunangan biasanya diberikan oleh pasangan pria saat acara lamaran. Menjadi semacam komitmen menuju ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Jadi perbedaannya: Cincin kawin digunakan begitu resmi menjadi suami istri. Sedangkan cincin pertunangan diberikan sebelum terjadi pernikahan. 

Yang Menggunakannya

Secara tradisi, cincin tunangan diberikan oleh pria untuk pasangan wanitanya. Namun ada juga pasangan yang sepakat menggunakan cincin bersama-sama. Sedangkan pada pernikahan, cincin digunakan oleh kedua pasangan baik pengantin perempuan maupun laki-laki. Hal ini bukan aturan baku, semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Posisi Cincin Berlian

Pemilihan jari yang digunakan untuk cincin bisa menjadi penanda. Biasanya cincin kawin dipakai di jari manis tangan kanan. Sedangkan cincin tunangan dipakai di jari manis sebelah kiri. Meskipun demikian, tidak semua orang mengikuti hal ini, karena hal ini bukan aturan baku.

Desain Cincin Berlian

Kedua cincin umumnya memiliki perbedaan dalam segi desain. Pada cincin kawin lebih minimalis dan sederhana. Hal ini karena umumnya digunakan setiap hari sehingga banyak pasangan yang mempertimbangkan kenyamanan saat dipakai di berbagai aktivitas.

Sedangkan cincin tunangan biasanya di desain lebih elegan, dengan beberapa detail yang unik. Model cincin yang paling banyak digunakan adalah solitaire ring, cincin halo dan three stone.

Harga Cincin Berlian

Mengenai harga wedding rings maupun engagement rings tergantung berbagai faktor, seperti: desainnya, karatnya. Jika Anda ingin menghemat biaya pernikahan solusinya bisa menggabungkan keduanya. Artinya, cincin tunangan kemudian digunakan sebagai cincin pernikahan. Menggunakan solitaire ring bukan sesuatu yang wajib, ini hanyalah sebuah tradisi. 

Saat masih status tunangan cincin digunakan di jari manis tangan kiri, begitu status sudah menikah, cincin bisa dipindahkan ke jari manis tangan kanan menjadi wedding rings. Walaupun kedua cincin didesain berbeda, namun mengenai penggunaan dan pemilihannya semua kembali kepada Anda dan pasangan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.