Tips Memilih Solitaire Engagement Ring untuk Pria



Pertunangan merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk mengikat pasangan hingga hari pernikahan dilakukan. Adapun tradisi tukar cincin yang kerap kali dilakukan pasangan dalam pertunangan. Memang umumnya, solitaire engagement ring hanya akan dipakai calon mempelai wanita saja. Namun, tidak ada salahnya jika mempelai pria juga mengenakannya. 

Nah, dalam memilih sebuah cincin pertunangan, tentu ada perbedaan antara pria dan wanita. Untuk membantu kamu dan pasangan yang sedang kebingungan mencari cincin yang tepat, yuk ikuti tips berikut. 

Tips memilih cincin tunangan untuk pria



Perhatikanlah peraturan memakai cincin tunangan untuk pria

Biasanya, cincin tunangan untuk wanita harus dipakai hingga hari pernikahan tiba. Ketika pasangan sudah menikah, cincin tunangan akan diganti dengan cincin pernikahan. Tak hanya untuk wanita, hal serupa juga berlaku untuk calon mempelai pria. 

Namun, cincin tunangan juga bisa digunakan untuk cincin pernikahan juga. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghemat anggaran pernikahan pasangan. Untuk pasangan yang memiliki cincin yang sama antara pernikahan dan tunangan, biasanya mereka akan melepas cincinnya tepat sebelum prosesi pernikahan, lalu memasangkannya kembali saat pernikahan berlangsung. 

Perhatikan letak cincin tunangan untuk pria

Sebenarnya, mengenakan cincin tunangan merupakan pilihan pribadi antara pasangan. Namun, biasanya pasangan akan mengikuti tradisi dan kepercayaan mereka. Pria akan mengenakan cincin pada jari mana saja tergantung dengan tradisi mereka. 

Misalnya, di beberapa Negara seperti Rusia, Jerman, Kolombia, Polandia, India, dan Yunani, mereka mengenakan cincin tunangan di jari manis sebelah kanan. 

Cincin tunangan untuk pria muslim

Pada ajaran Islam, pria muslim tidak boleh mengenakan perhiasan emas dan perak. Jadi untuk alternatifnyabanyak sekali logam mulia lain yang dapat dikenakan pria muslim untuk prosesi tunangan tersebut. 

Pilihan logam cincin untuk pria

Emas

Emas merupakan logam mulia yang paling populer untuk dijadikan perhiasan. Selain penampilannya yang menarik, logam ini cukup kuat dan tahan lama. Tetapi jika kegiatan sehari-harimu cukup berat, cincin emas kurang cocok menemani harimu. Emas akan lebih mudah tergores, dan ini akan mengakibatkan ia kehilangan kilaunya. 

Platinum 

Platinum merupakan salah satu logam yang langkah di dunia. Jadi tak heran jika harganya pun mahal. Selain itu, platinum merupakan logam mulia yang terkuat. Cincin dari logam ini akan tahan terhadap goresan. Ini akan cocok jika kamu gunakan dengan kegiatan sehari-harimu yang berat. 

Logam mulia ini dapat mempertahankan warnanya dengan lama. Tidak seperti logam mulia lain yang memerlukan lapisan dari platinum untuk mempertahankan warnanya. Logam ini memiliki warna putih alami, sehingga tidak akan pudar dan berubah warna. 

Palladium

Logam ini memiliki rona putih dan kilau yang serupa dengan platinum. Tetapi bedanya ia tak berdaya tahan sekuat platinum. Harganya pun cenderung lebih murah dari logam mulia lainnya. Cincin palladium cenderung lebih ringan dan nyaman saat dipakai beraktivitas. 

Perak

Perak banyak disukai pria karena tampilannya yang cenderung maskulin. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau. Cincin perak juga cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Model cincin tunangan pria

Untuk memilih model solitaire engagement ring pria, kamu bisa memilihnya berdasarkan selera dan gaya hidupnya. pria cenderung lebih menyukai sesuatu yang simpel, sederhana, dan klasik. Maka kamu bisa memilih cincin dengan gaya yang lebih kasual. 

Kamu juga bisa memilih diamond engagement ring dengan detail yang simpel untuk mempermanis penampilan. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cincin tunangan pria. Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.