6 Fakta Red Diamond Pada Liontin Berlian Mewah


Red diamond atau berlian merah merupakan jenis berlian asli yang masuk ke dalam fancy color diamond. Fancy color diamond sendiri adalah berlian yang memiliki warna selain bening. Liontin berlian mewah terkadang akan menggunakan red diamond untuk menambahkan kesan mewah. Apakah Anda tertarik dengan berlian satu ini? Berikut ini adalah pembahasan mengenai 6 faktanya:

Berlian yang Sangat Langka

Produsen terbesar red diamond di dunia adalah tambang berlian Argyle yang ada di Kimberley, Australia. Tambang tersebut menghasilkan red diamond selama puluhan tahun. Meskipun menjadi tambang terbesar, namun dalam kurun waktu 27 tahun (1987-2020), tambang hanya menghasilkan 60,85 carats red diamond.

Rincian 60,85 carats tersebut adalah 65 red diamond grade red serta 42 purplish red. Namun tambang Argyle telah tutup pada tahun 2020 lalu, jadi pasokan red diamond semakin sedikit. Jadi tingkat kelangkaan berlian pun semakin tinggi. Alasan Argyle tutup yaitu karena tambang yang menjadi terlalu dalam.

Sumber Warna Merah Pada Berlian

Salah satu hal yang membuat penasaran adalah sumber warna merah dari red diamond. Sebagian besar fancy color diamond mendapatkan warna karena campuran bahan kimia seperti hidrogen, nitrogen, boron, dan lain sebagainya. 



Namun red diamond berbeda karena terbentuk dari karbon murni. Hal tersebut sama seperti berlian bening yang juga terbentuk dari karbon murni. Sebenarnya asal warna merah berlian masih menjadi perdebatan. Akan tetapi sejumlah gemolog meyakini warna merah tersebut terjadi karena perubahan struktur atom berlian.

Tambang yang Menghasilkan Red Diamond

Argyle, Australia merupakan tambang penghasil red diamond yang paling populer. Namun sebenarnya ada tambang lain yang juga menghasilkan berlian merah yang cantik ini. Meskipun memang lokasinya sangat sedikit dibandingkan fancy color diamond lain. Adapun tambang yang menghasilkan red diamond yaitu Brasil, India, Afrika, dan Rusia. Biasanya berlian yang ditemukan di bawah 1 carat, hanya ada 3 berlian yang beratnya di atas 3 carats.

Grade Warna

Berlian bening memiliki tingkatan warna mulai dari D-Z. Meskipun sedikit berbeda, namun red diamond juga memiliki grade atau tingkatan warna seperti berlian bening. Tingkatan warna tersebut ada pada intensitas warna merah pada berlian. Grade dimulai dari warna terang ke pekat menurut GIA (Gemological Institute of America) yaitu faint, very light, light, fancy light, fancy, fancy intense, fancy deep, dan yang terakhir paling pekat adalah fancy vivid. Berlian mewah paling langka dinamakan fancy purplish red.

Sertifikat Berlian

Grade warna dan kualitas berlian bisa dilihat pada sertifikat liontin yang diterima saat membelinya. Bukan hanya GIA saja yang menerbitkan sertifikat, namun Argyle juga menerbitkan, khususnya berlian yang mereka produksi. 

Berlian Paling Terkenal

Salah satu red diamond paling terkenal di dunia adalah hancock red. Selain itu, ada juga moussaieff red yang menjadi berlian terbesar. Berlian tersebut memiliki berat mencapai 5,11 carats. Moussaieff red ditemukan oleh petani di Minas Gerais, Brazil. Awalnya berlian kasarnya memiliki berat mencapai 13,9 carats.

Itulah pembahasan mengenai red diamond pada liontin berlian mewah. Anda bisa mendapatkan liontin mewah tanpa harus mengeluarkan banyak budget. Pasalnya The Palace menawarkan cukup banyak koleksi liontin mewah untuk Anda. Contohnya yaitu liontin Kasmaran yang menjadi simbol dan pelindung asmara. Liontin ini menggunakan siluet kawung yang simple tapi tetap terkesan mewah. Langsung saja kunjungi laman website www.thepalacejeweler.com untuk melihat koleksi liontin yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.