5 Hal yang Mempengaruhi Harga Kalung Berlian



Menghitung dan mengetahui dengan pasti harga kalung berlian memang bukan hal yang mudah. Seperti yang diketahui, harga perhiasaan ini memang sangatlah tinggi dan mahal. Untuk menentukan harga dari kalung berlian ini ada beberapa faktor dan hal yang mempengaruhi. 

Faktor-faktor ini pun cukup kompleks dan saling mempengaruhi harga dan kualitas berlian. Banyak orang yang tidak menyadari harga tinggi dari berlian ini sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek. 

Karena itu, kalung berlian hadir dengan variasi harga dan desain dengan harga yang berbeda. Berikut adalah hal-hal yang dapat mempengaruhi harga dari kalung berlian. 



1. Bentuk dari Berlian 

Hal pertama yang mempengaruhi harga kalung berlian adalah bentuk dari berlian itu sendiri. Sebagai contoh, berlian dengan bentuk bulat harganya lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk oval, princess, maupun cushion cut. 

Alasan mengapa bentuk bulat ini memiliki harga yang sangat tinggi. Karena untuk membuat berlian dalam bentuk bulat memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ketelitian yang sangat tinggi dibutuhkan dalam membentuk berlian menjadi bentuk bulat yang rapi dan sempurna. 

2. Kualitas dari Potongan Berlian 

Berlian yang banyak dijual dan dijadikan sebagai kalung berlian merupakan potongan berlian. Kualitas dari pemotongan berlian juga mempengaruhi kualitas dan harga berlian. Dengan potongan yang berkualitas, maka kilau dari berlian lebih maksimal. 

Karena tingkat kejernihan bisa lebih dimaksimalkan, jika potongan berlian tidak berkualitas atau tidak rapi. Maka ini akan mempengaruhi tampilan berlian, berlian mungkin saja terlihat lebih kusam. Hal ini tentu saja, bisa membuat nilai kalung berlian turun drastis. 

3. Tingkat Kejernihan dari Berlian yang digunakan 

Harga kalung berlian juga dipengaruhi oleh berlian yang digunakan sebagai liontin, terutama tingkat kejernihannya. Tingkat kejernihan berlian ditinjau dari kondisi luar dan dalam dari berlian tersebut.

Semakin tinggi tingkat kejernihan sebuah berlian maka semakin tinggi pula harganya. Sekarang ini sangat sulit untuk menemukan berlian dengan tingkat kejernihan yang maksimal. Terdapat 5 faktor untuk mengukur kejernihan pada berlian, mulai dari posisi, sifat, ukuran, nomor, hingga warnanya. 

4. Berat dari Karat Berlian 

Karat merupakan ukuran dari berat berlian, 1 karat bisa disetarakan dengan 200 miligram. Karat merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi harga dari kalung berlian. Karena semakin tinggi karat atau berat berlian tersebut, semakin mahal pula harganya. 

Biasanya harga ini dinilai dari harga per karatnya kemudian dikalikan dengan harga yang berlaku. Tingkat karat yang dinilai juga akan dinilai dari tingkat kemurnian berlian. 

5. Desain dan Brand Kalung Berlian 

Terakhir hal yang mempengaruhi harga dari kalung berlian adalah desain dan brand dari kalung berlian itu sendiri. Umumnya desain yang paling baru memiliki harga yang lebih mahal daripada desain yang lama. 

Namun, ada beberapa desain lama yang merupakan edisi khusus, harganya bisa lebih mahal dari harga desain baru. Selain itu, brand yang mengeluarkan kalung berlian juga bisa mempengaruhi harga berlian, salah satu brand yang banyak mengeluarkan model kalung berlian adalah Mondial..

Semakin terkenal brand yang mengeluarkan kalung berlian, maka ada kemungkinan harga dari kalung berlian akan semakin mahal. Apalagi, jika mempertimbangkan ke-eksklusifitas-an dari brand tersebut. 

Itulah berbagai hal yang mempengaruhi harga kalung berlian yang ada di Mondial. Ternyata ada beberapa aspek yang mempengaruhi harga dari kalung berlian. Pantas saja, harga dari perhiasaan ini tidak bisa ditentukan dengan begitu saja.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.