Tahap Perkembangan Anjing yang Harus Diperhatikan


Pemilik hewan peliharaan, khususnya peliharaan yang masih bayi, wajib tahu tahap perkembangan hewan peliharaannya secara seksama. Karena dengan mengenalnya, maka Anda bisa memperhatikan hal-hal penting dalam kepengurusan agar hewan kesayangan tumbuh secara optimal.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada tahapan-tahapannya. Berikut sudah kami rangkum di bawah ini.

Tahapan 3-4 Minggu

Pada empat belas hari pertama ketika puppy atau anak anjing baru lahir, adalah masa yang tergolong krusial. Pada masa ini Anda harus memastikan bahwa hewan kesayangan tersebut tumbuh menjadi anjing dewasa yang sehat dan juga bugar.

Pada tahapan 3 hingga 4 minggu ini, puppy harus diberi makanan yang tepat. Selain itu, pastikan juga Anda memberikan makanan bernutrisi dan menempatkannya di tempat yang hangat.
Tahapan Puppy di Bulan Pertama

Setelah melewati masa perkembangan 3 hingga 4 minggu, maka puppy akan masuk pada fase berikutnya, yaitu tahapan bulan pertama. Pada tahap ini akan mulai tumbuh gigi namun masih tergolong lemah.

Berat badan anjing di bulan pertama akan naik empat kali lipat dari berat badan ketika dia lahir. Bulu pertamanya juga akan rontok dan diganti dengan bulu yang baru.



Tahapan Usia 3 – 5 Bulan

Pada fase usia 3 hingga 5 bulan, anjing akan tumbuh cepat. Bahkan untuk beberapa anjing ras yang besar, di usia ini akan mengalami perkembangan struktur yang sangat signifikan yang diperlukan untuk masa dewasa mereka.

Pada usia ini, hewan peliharaan Anda memerlukan nutrisi yang lebih besar, hingga dua kali lipat dari anjing dewasa. Pasalnya, anjing kecil ini tengah memasuki fase pertumbuhan tercepatnya.

Tahapan 8 Hingga 10 Bulan

Pada fase ini, puppy sudah beranjak menjadi anjing yang cukup dewasa dengan berat badan yang cukup besar. Beberapa jenis anjing ras yang kecil akan berhenti tumbuh di usia ini, sedangkan beberapa ras anjing tetap tumbuh menjadi anjing yang besar.

Pada setiap tahapan, mulai dari bulan pertama hingga anjing beranjak dewasa, pastikan Anda memberikan makanan terbaik untuk tahap perkembangan yang sempurna. Salah satunya makanan bernutrisi dari Royal Canin.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.