Selasa, 22 April 2014

on Leave a Comment

Mempersiapkan Prakonsepsi Calon Ayah



Ketika sedang merencanakan kehamilan, dan ternyata  masih tertunda, maka hal tersebut   bukan hanya menjadi tanggung jawab calon ibu tetapi juga calon ayah ikut bertanggung jawab dalam keberhasilan program kehamilan.  Karena itu sebaiknya calon ayah juga berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.  Salah satunya dengan melakukan test kesuburan. Calon ayah tidak perlu merasa malu atau khawatir jika disarankan untuk melakukan test kesuburan, hal itu sangat berguna untuk mengetahui tingkat kesuburan calon ayah. Dan calon ayah yang dianjurkan melakukan test kesuburan bukan berarti mengalami kemandulan.

Seperti pada calon ibu yang mengalami gangguan menstruasi yang berhubungan dengan produksi sel telur, calon ayah juga bisa saja mengalami gangguan dengan kualitas dan kondisi spermanya. Untuk itu calon ayah perlu berkonsultasi ke dokter tentang hal apa saja yang harus dilakukan dan apa yang perlu dihindari. Dan berikut hal-hal yang harus dihindari oleh calon ayah karena dapat mempengaruhi kualitas sperma :
-          Menghindari stress, karena stress berpengaruh buruk pada system reproduksi calon ayah. Sehingga perlu diciptakan suasana yang tenang dan nyaman, baik itu di rumah atau di tempat kerjanya.
-          Menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, dan minum minuman beralkohol. Perlu diketahui bahwa kandungan nikotin pada rokok dan kadar alcohol yang tinggi dapat menurunkan kualitas sperma calon ayah.
-          Selalu menjaga kebersihan alat kelamin dan daerah sekitarnya, karena daerah sekitar alat kelamin rentan terkena infeksi kuman yang dapat mengurangi kualitas sperma. Maka penting bagi calon ayah untuk mencucinya dengan air bersih dan mengeringkannya setiap selesai buang air kecil.
-          Selain itu, lingkungan kerja calon ayah juga penting untuk diperhatikan, lingkungan kerja ayah harus sehat dan terhindar dari paparan radiasi langsung, gelombang elektromagnetik, dan suhu yang tinggi. Karena hal-hal tersebut dapat merusak fungsi testis yang akan berpengaruh langsung pada kualitas dan produksi sperma.
-          Calon ayah juga sebaiknya jangan tidur larut malam, harus mempunyai waktu istirahat yang cukup serta melakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar.
Tuh kan, calon ayah juga ikut berkontribusi dalam merencanakan kehamilan. Calon ibu juga harus mengingatkan dan memperhatikan ya supaya kehamilan segera dapat terwujud.

0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in