Penyebab Anak Susah Makan

Salah satu masalah yang sering kali dikeluhkan oleh para orang tua terutama para ibu, yakni anak susah makan. Saat anak mulai tumbuh, menginjak usia satu tahun, pada umumnya mereka diberikan makanan pendamping ASI seperti bubur bayi produk Nestle, dan semacamnya. Nah, pada saat inilah para ibu membutuhkan keterampilan yang cukup ekstra untuk membujuk si kecil agar mau makan. Namun, pada kenyataanya tak sedikit pula anak yang sulit dan tetap enggan untuk makan. Hal ini selain menjadi suatu perkara yang membuat orang tua khawatir, pun menjadi suatu penyebab timbulnya masalah kesehatan pada tubuh anak. Nah, bagi anda para orang tua yang anaknya mengalami kasus semacam ini, sebaiknya segera anda cari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Sehingga masalah anak sulit untuk makan tidak berkepanjangan.

 

*Anak susah makan sebenarnya terjadi bukan karena tanpa penyabab, melainkan ada sebab-sebab tertentu yang menjadikan mereka mengalami hal demikian. Adapun beberapa penyababnya diantaranya sebagai berikut:

*Tengah mengalami gangguan kesehatan
Seperti halnya orang dewasa, ketika kesehatannya terganggu pasti nafsu makan menjadi berkurang. Begitupula anak-anak, besar kemungkinan mereka sedang demam, tumbuh gigi, maupun gangguan kesehatan lainnya. Untuk lebih memastikan, anda dapat mengkonsultasiknnya kepada dokter anak. Sehingga anak mendapatkan penanganan yang tepat. Dan anak dapat kembali makan seprti pada umumnya.

*Banyak mengkonsumsi camilan yang mengenyangkan
Tak jarang orang tua yang memberikan anaknya camilan, agar si kecil tidak rewel. Namun ternyata perlakuan semacam ini dapat menjadi faktor penyebab anak susah makan. Terutama camilannya berupa makanan yang mengandung gula, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang membuat perut anak merasa kenyang.

*Bosan terhadap jenis makanan yang diberikan
Karena pada masa ini, anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Sehingga dirinya ingin jenis makanan yang lain yang membuatnya merasa tertarik. Oleh karenanya, berilah mereka makanan yang bergizi, dengan kemasan yang menarik. Sehingga anak kembali mau makan.
Diberdayakan oleh Blogger.