Rabu, 09 November 2016

on

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua Terhadap Anaknya Dalam Menjalin Komunikasi



Jika pada umumnya, banyak sekali orang tua yang mendidik anaknya menggunakan system otoriter, artinya, orang tua tidak mau mengalah, dan orang tua yang harus selalu menang, sehingga anak tidak punya kebebasan dalam melakukan apapun. Padahal, anak juga manusia yang memiliki perasaan, keinginan, dan tindakan. Apalagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, di usianya tersebut merupakan langkah awal untuk menemukan pengalaman baru yang akan membuatnya lebih cerdas. Selain itu, ada juga orang tua yang tanpa menyadari dari segi, dan cara bicaranya kepada anak. Oleh karena itu, agar komunikasi anak semakin baik, maka harus diawali dari cara melatihnya dan mendidik anak sejak dini dengan menerapkan komunikasi yang baik dan dimulai dari orang tua.

Dan berikut ini adalah komunikasi yang tidak boleh dilakukan kepada anak agar komunikasi anak pun akan semakin baik kepada sosial lainnya :
  1. Anak perlu penjelasan mengapa dilarang, misalnya orangtua melarang anak untuk bermain jangan sekali-kali mengatakan ‘tidak boleh’ atau ‘jangan’, ‘tanpa’, dan kata negasi lainnya. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi pikiran dan mental anak yang menjadi down dan merasa ketakutan. Selain itu, sebagai langkah dalam menjalin komunikasi yang baik maka orang tua jangan sekali-kali melarang dengan menggunakan kata dasar, misalnya, “Jangan nakal, ya nak !”, nah, hal tersebut akan mempengaruhi alam bawah sadar anak yang hanya akan mengingat kata ‘nakal’. Oleh karena itu, rubahlah larangan tersebut menjadi kalimat yang lebih positif seperti “nak jadi anak baik, ya.”.
  2. Selanjutnya sebagai pendukung dalam menjalin komunikasi baik dengan anak, agar mereka menjadi lebih mengerti serta menghargai orangtuanya maka harus dimulai dari peran orang tua yang mendidiknya. Salahsatunya adalah gaya bicara atau intonasi suara. Menggunakan suara lantang untuk anak akan dapat merusak mental dan pemikiran anak menjadi goncang. Bicaralah dengan lembut serta penuh kasih sayang.
  3. Selanjutnya hal yang tidak boleh dilakukan kepada anak adalah bertengkar atau saling melontarkan kalimat negatif di depan anak. Hal ini bisa tertanam di alam bawah sadar anak dan bisa berdampak buruk.
Demikian penjelasan tentang cara mendidik anak yang tepat dengan memperhatikan beberapa langkah dan struktur kata dalam penyampaikan kepada anak. untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak, berikan ia Dancow sebagai pemenuhan kecukupan gizinya.


Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in