Selasa, 08 November 2016

on

Penyebab Susah Buang Air Besar



Yang namanya sistem pencernaan setiap harinya pasti bekerja demi menjaga keadaan tubuh untuk selalu bisa sehat. Akan tetapi banyaknya kinerja yang dilakukannya dan juga adanya asupan makanan yang kurang pas terkadang membuat sistem pencernaan mengalami masalah. Hal yang paling sering terjadi dengan permasalahan pada pencernaan yaitu susah bab (buang air besar). Buang air besar atau dikenal juga dengan sembelit merupakan suatu kondisi dimana seseorang yang susah mengeluarkan fesesnya sehinga dalam beberapa hari tidak bisa bab.


Untuk orang yang normal dalam buang air besar misalnya untuk orang dewasa pada setiap harinya bisa sebanyak 1–2 kali dengan feses yang lunak. Akan tetapi untuk mereka yang mengalami susah bab atau mengalami sembelit maka untuk buang air besarnya akan sangat jarang maksimalnya 1-2 kali dalam seminggu. Untuk itu dalam mengobati mereka yang terkena sembelit maka mengetahui terlebih dahulu akan penyebabnya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dan berikut ini diantara berbagai penyebab dari susah buang air besar yang penting untuk diketahui :


  1. Kurangnya asupan cairan pada tubuh, seperti kurangnya minum bisa menjadi penyebab dari susah buang air besar yang dialami.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung serat sangat kurang seperti dari buah-buahan ataupun dari sayuran. Serat yang kurang selain berdampak buruk karena susahnya untuk bab juga berdampak lain untuk kesehatan.
  3. Kurang geraknya tubuh sehingga secara otomatis maka usus besarpun menjadi kurang aktif dalam mencerna makanan. Kurang gerak ini juga bisa karena tidak pernah melakukan olahraga.
  4. Adanya kebiasaan jelek yang sering menahan-nahan untuk buang air besar yang berdampak pada feses yang semakin banyak dan keras sehingga menjadi susah untuk dikeluarkan.
  5. Penggunaan obat pencahar atau pelunak feses yang terlalu berlebihan, sehingga jika terus digunakan bukannya membuat lancar saat bab tetapi sebaliknya menjadi sulit.
  6. Adanya gangguan pada saraf seperti menderita penyakit parkinson atau juga menderita kanker usus besar. Adanya kanker ini dapat menghambat akan perjalanan feses pada usus besar, sehingga mengakibatkan usus besar yang terganggu.
Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in