3 Langkah Memilih Krim Wajah untuk Ibu Hamil

krim wajah untuk ibu hamil yang aman
krim wajah untuk ibu hamil yang aman

Memang gampang-gampang susah memilih krim wajah yang aman bagi ibu hamil, namun tetap berkualitas dan membuat kulit lebih cantik. Ibu yang sedang hamil memang harus lebih selektif dalam memilih krim wajah untuk ibu hamil yang aman, karena kandungan di dalam krim tersebut akan meresap ke dalam kulit. Salah-salah, paparan bahan kimia yang berbahaya dapat mengancam keselamatan bayi di dalam kandungan.

Walau kesannya lebih ribet dan sulit, seiring waktu, kini sudah mulai banyak tersedia krim wajah untuk ibu hamil yang aman dan terbuat dari bahan-bahan alami. Beberapa produk seperti parfum yang mengandung phthalate, krim pencerah, dan krim anti aging yang mengandung vitamin A tinggi tidak disarankan untuk dipakai oleh wanita hamil karena beresiko menyebabkan kelahiran prematur. Berikut 3 langkah memilih krim wajah untuk ibu hamil yang aman.


Lihat komposisinya


Secara umum, memang sulit menentukan keamanan suatu krim wajah dari komposisinya, terutama jika kita tidak mengerti nama-nama bahan pembuatnya. Namun Anda bisa menentukan aman tidaknya krim tersebut dari beberapa cirinya, seperti :

Tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan janin. Seperti hydroquinone, mercury, phthalate, triclosan, dioxine, diazolidinyl urea, oxybenzone.
Tidak mengandung parfum atau pengharum
BPA (Bhispennol A) free

Memiliki BPOM resmi


Ini adalah kriteria mutlak yang harus dimiliki oleh setiap komponen kosmetik dan produk perawatan kulit ibu hamil. Paling tidak, dengan adanya nomor BPOM, dapat dipastikan krim tersebut telah lolos uji kesehatan. Walau krim yang dijual diklaim alami, dengan bahan natural, atau homemade, izin BPOM adalah kriteria penting yang harus ada. Anda dapat mengecek keabsahan nomor BPOM yang tercantum pada kemasan di website resmi BPOM RI.

Berkonsultasilah dahulu dengan dokter


Sebelum membeli krim wajah, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan maupun dokter kulit kepercayaan Anda. Ahli kesehatan pasti lebih mengerti mana yang aman dan mana yang membahayakan bayi di dalam kandungan Anda.

Krim alami buatan sendiri


Kebanyakan wanita masih merasa khawatir akan pemakaian krim wajah kimiawi saat hamil, walau krim tersebut sudah diklaim aman bagi wanita hamil. Namun tentu riskan juga membiarkan kulit wajah tanpa perawatan selama Sembilan bulan. Karenanya, perawatan alami dengan bahan natural dapat menjadi pilihan Anda.

Misalnya untuk krim siang, Anda dapat membuatnya dengan nasi dari beras organik, glycerin, dan yoghurt yang diblender. Krim malam dapat dibuat dari minyak zaitun, madu, dan glycerin. Krim dengan bahan seperti ini memang hanya tahan paling tidak tujuh hari di dalam kulkas, namun jelas lebih aman dibandingkan bahan kimia.

Hamil namun tetap memiliki kulit wajah yang cantik terawat adalah satu kebahagiaan. Dengan memilih krim wajah untuk ibu hamil yang aman, Anda akan tetap memiliki wajah menawan serta janin yang sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.