Ketahui Arti Toddler Pada Masa Anak-anak


Para orang tua senang sekali ketika anaknya sudah menampakkan pertumbuhan dan perkembangan secara signifikan. Dapat tengkurap, merangkak, lalu berjalan merupakan suatu perkembangan yang tidak ingin orangtua lewatkan. Apalagi jika sudah memasuki usia satu tahun. Ini menjadi usia yang penying bagi pertumbuhan anak di masa depan. Ketika usia memasuki usia satu tahun ia dikenal dengan usia toddler. Lantas apa arti toddler

Kenali Arti Toddler

Toddler merupakan anak ketika memasuki usia antara 12 bulan hingga 36 bulan. Istilah ini didapatkan berasal dari bahasa inggris yang berarti berjalan tidak stabil. Yang mana dalam fase ini dilakukan oleh anak ketika memasuki usia 1 tahun. Masa toddler ini sangatlah penting. Anak akan berkembang dengan pesat, sensitive, kritis, dan tidak dapat diulang. Dinamakan kritis karena penting bahwa anak mendapatkan pengaruhnya di dalam lingkungan untuk membentuk sinaps otak. Dan bila stimulasi tidak diberikan pada anak maka fungsi otaknya yang berperan dalam fungsi tersebut tidak bisa diperbaiki. 


Apa Saja Perkembangan Masa Toddler

Berikut ini beberapa perkembangan anak ketika memasuki usia toddler. Pertama perkembangan volume otak yang pesat. Sejak anak di dalam kandungan hingga berusia tiga tahun, otaknya mengalami sejumlah perubahan yang mengesankan. Ketika lahir, otaknya sudah terdapat neuron yang diperlukan. Ukurannya akan berlipat ganda ketika ia memasuki usia tahun pertama. Ketika memasuki usia dua tahun volume otak anak akan mencapai sampai 80% dari volume otak orang dewasa. Kemudian anak mulai mempunyai keterampilan untuk melakukan hal-hal secara mandiri. Ketika anak memasuki usia sekitar 18 bulan, kepercayaan dirinya akan berkembang secara pesat dan berbagai macam keterampilan juga mulai bisa dikuasai oleh anak. 

Orang tua perlu memperhatikan anak ketika usia memasuki toddler. Arti toddler berasal dari bahasa inggris yang berarti berjalan tidak stabil. Perkembangan anak ketika memasuki usia toddler antara lainnya perkembangan volume otak yang pesat mencapai 80% orang dewasa dan sudah mulai dapat menguasai keterampilan untuk melakukan hal-hal secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.