Sabtu, 19 April 2014

on Leave a Comment

Tips Mempersiapkan Kehamilan #Part 3



Setelah kemarin kita membahas tentang tips mempersiapkan kehamilan dari faktor emosional, sekarang kita akan mengulas tentang bagian lain terkait program kehamilan. yaitu makanan yang berpengaruh pada kesuburan. Apa saja itu? Yuk kita simak....
Masalah kesuburan seringkali dikemukakan sebagai penyebab tertundanya kehadiran momongan dalam kehidupan berumahtangga. Sebenarnya apa yang menjadi indikator tingkat kesuburan calon ayah atau calon ibu itu?

Untuk bisa terjadinya proses kehamilan,  maka harus ada proses pembuahan dulu, dan proses pembuahan dapat terjadi jika kualitas sperma yang dihasilkan calon ayah bagus, dan sel telur yang dikeluarkan calon ibu sudah matang atau dewasa. Karena itu waktu berhubungan intim harus dilakukan dalam waktu yang tepat, yang dinamakan masa subur.
Kapan masa subur itu? Sebenarnya masa subur dapat diketahui oleh setiap calon ibu dari siklus menstruasi. Jika siklus haid calon ibu teratur (28 hari) maka masa subur  berada pada hari ke-12 hingga ke -14 dari hari pertama haid. Jadi sebenarnya waktu berhubungan yang tepat adalah saat calon ibu ovulasi. Karena sel sperma hanya punya batas waktu kehidupan sekitar 2-3 hari, sementara sel telur sekitar 12-24 jam. Jadi saat yang tepat berhubungan intim adalah satu sampai dua hari sebelum masa ovulasi.
Namun meskipun demikian, calon ibu dan calon ayah sebaiknya tidak memaksakan terlalu sering berhubungan intim meskipun sedang dalam masa subur, karena jika terlalu sering kualitas sperma yang dihasilkan malah kurang baik.
Selain memperhitungkan massa subur, disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang dapat      meningkatkan kesuburan, diantaranya : 
-       Terong ungu, bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah karena mengandung jumlah flavonoid yang banyak 
-   Bawang putih, terkenal karena khasiatnya yang dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.
-          Pisang, dapat menambah energi karena mengandung vitamin B, potassium dan kalium.
-      Tiram, menurut peneitian khasiatnya dapat meningkatkan jumlah sperma karena kandungan zinc-nya yang tinggi.
Nah, jika kiat-kiat tersebut sudah dicoba maka bulan depan calon ayah dan calon ibu tinggal menunggu hasilnya, bisa melakukan testpack langsung atau diperiksa ke dokter atau bidan. Baca lagi tips kehamilan yang lainya Semoga berhasil…





0 comments:

Posting Komentar

Andri Maria 2014. Diberdayakan oleh Blogger.
ztube.in